Langsung ke konten utama

PRINSIP KERJA MOTOR LISTRIK


PRINSIP KERJA MOTOR LISTRIK



Prinsip gaya lorentz diterapkan di motor listrik. Gulungan kumparan ditempatkan di dalam medan magnet kemudian dialiri arus listrik sedemikian rupa hingga gaya lorentz yang dihasilkan pada kumparan mengakibatkan gerak memutar.

Motor listrik adalah semua tentang magnet. Sebuah motor menggunakan magnet untuk menciptakan geraknya. Jika Anda pernah bermain dengan magnet maka anda tahu tentang hukum fundamental dari semua magnet, yaitu: tarik menarik dan tolak menolak. Jadi jika anda memiliki dua batang magnet  maka ujung utara dari satu magnet akan menarik ujung selatan yang lain. Di sisi lain, ujung utara magnet akan menolak satu ujung utara yang lain dan begitu juga sebaliknya ujung selatan akan menolak selatan lainnya. Hal ini lah yang menyebabkan gerak rotasi di dalam motor listrik.



Pada motor listrik tenaga listrik diubah menjadi tenaga mekanik. Perubahan ini dilakukan dengan mengubah tenaga listrik menjadi magnet yang disebut sebagai elektromagnet. Sebagaimana kita ketahui bahwa kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama, tarik-menarik. Maka kita dapat memperoleh gerakan jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar, dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap.



Untuk memahami bagaimana sebuah motor listrik bekerja, kuncinya adalah memahami bagaimana elektromagnet bekerja. Elektromagnet adalah dasar dari sebuah motor listrik. Jika anda menciptakan sebuah elektromagnet sederhana dengan membungkus 100 loop kawat di sekitar paku dan menghubungkannya ke baterai. Paku tersebut akan menjadi magnet dan memiliki kutub utara dan selatan ketika terhubung dengan baterai.




Pada gambar diatas, ujung utara elektromagnet yang dihasilkan baterai pada paku akan ditolak oleh ujung utara magnet U (tapal kuda) dan tertarik ke ujung selatan magnet U. Ujung selatan elektromagnet akan ditolak dengan cara yang sama. Paku akan bergerak setengah putaran dan kemudian berhenti dalam posisi yang ditunjukkan. Secara keseluruhan pergerakan dari komponen-komponen motor listrik di ilustrasikan seperti gambar di bawah ini:






Bagian-bagian motor listrik dan prinsip kerjanya




Keterangan :

1.      Magnet berfungsi untuk menghasilkan medan magnetik. Semakin besar kekuatan magnet yang digunakan, putaran yang dihasilkan dapat semakin besar.

2.      Baterai digunakan untuk menghasilkan arus listrik I, semakin besar arus listrik yang mengalir, makin besar putaran motornya.

3.      Sikat berfungsi untuk menghubungkan arus dari baterai ke komutator dari kumparan.

4.      Komutator berfungsi untuk mengubah arah arus yang mengalir pada kumparan agar putaran motor dapat terjadi. (Tidak bergerak bolak-balik).



Motor listrik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada alat-alat berikut: kipas angin, bor listrik, pompa air, blender , gerinda listrik, mobil-mobilan, dan lain sebagainya.

Demikian prinsip kerja motor listrik dalam ilmu fisika, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua. :)

Komentar

  1. wah akhirnya ad web yang bisa membantu saya dalam hal membuat wordpress, artikelnya menarik dan memanjakan mata untuk di baca

    perkenalkan nama saya Titannia yulanda NIM 1822500065 dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus
  2. Kak izin bertanya untuk membuat foto animasi gituboakai apa ya kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biaya Hidup Di Taiwan

Salam semua...!!! Dalam tulisan kali ini Saya akan berbagi mengenai biaya hidup di Taiwan, khusus untuk kota Tainan di sekitar National Cheng Kung University. Biaya yang akan Saya bagikan di sini adalah biaya hidup mulai dari tempat tinggal hingga transportasi. 1. Tempat tinggal     Untuk tempat tinggal ada beberapa pillihan seperti, apartemen dengan grade yang berbeda-beda, rumah susun, asrama kampus dengan grade yang berbeda-beda pula. Untuk rumah susun biasa dengan keadaan yang tidak begitu mewah (tapi layak tinggal), biaya yang perlu dibayar hanya sekitar 4000-6000 TWD (tergantung keadaan rumah), apartemen mulai dari 4000-5500 dan  asrama mulai dari 2000 hingga 6000 TWD. Seperti yang Saya sebutkan sebelumnya, setiap tempat tinggal memepunyai grade yang berbeda-beda, karena Saya tinggal di asrama kampus selama ini, jadi infromasi yang paling Saya ketahui adalah biaya tinggal di asrama. Di NCKU terdapat beberapa asrama, diantaranya Sheng Li, Cing Yeh, Kuang Fu dan Prince. Saya p

The First Time Study Abroad : National Cheng Kung University,Tainan, Taiwan

Salam semua, Kali ini Saya akan berbagi cerita singkat mengenai pengalaman Saya belajar di luar negeri untuk pertama kalinya. Sebenarnya, ini tidak hanya menjadi pengalaman belajar di luar negeri pertama bagi Saya, tapi juga menjadi kali pertamanya Saya jauh dari rumah, karna sebelumnya Saya menempuh pendidikan di tanah kelahiran Saya, Aceh. Kota Tainan, Taiwan Letak kota Tainan Selama 6 bulan Saya akan berada di Taiwan, tepatnya kota Tainan untuk program singkat yang dibiayai oleh TEEP @Asia Plus Scholarship. Saya tidak sendiri tentunya, ada 2 orang teman Saya lainnya yang juga mengikuti program yang sama dengan Saya, tapi Saya satu-satunya perempuan dari Indonesia dalam program ini. Program ini tidak memberikan status student bagi Saya, karna ini merupakan program magang, dimana Saya akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang ada di tempat Saya magang nantinya (TKW elitt.. lah ya). National Cheng Kung University, Medical College Program internship ini dilak

Travelling in Taiwan: 12 Hours in Taichung

12 September 2018 Perjalanan kali ini berbeda, selain karena Saya pergi bersama dengan seluruh peserta internship, tapi juga karena ini pertama kalinya Saya bepergian menggunakan kereta cepat, biasanya hanya menggunakan bus atau kereta listrik biasa, harap maklum itu adalah bentuk penghematan (hihi). Lalu bagaimana sekarang? apa ke Taichung Saya tidak hemat? tentu saja sangat hemat, karena Saya dan seluruh labmates Saya pada hari itu dibiayai oleh Professor (YEAYY). Saya bersama dengan labmates Saya melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan yang cukup besar di Taichung yaitu BIONIME, salah satu produk unggulan mereka adalah glucose meter portable . Dalam kesempatan ini kami mendapatkan banyak ilmu pengetahuan secara langsung bagaimana proses fabrikasi alat tersebut dilakukan. Sungguh pengalaman yang mengesankan. Meskipun telah menggunakan teknologi robot dalam fabrikasinya, tenaga manusia masih tetap dipertahankan, mereka membutuhkannya untuk memastikan bahwa produk mereka tidak m