Langsung ke konten utama

Biaya Hidup Di Taiwan

Salam semua...!!!

Dalam tulisan kali ini Saya akan berbagi mengenai biaya hidup di Taiwan, khusus untuk kota Tainan di sekitar National Cheng Kung University. Biaya yang akan Saya bagikan di sini adalah biaya hidup mulai dari tempat tinggal hingga transportasi.

1. Tempat tinggal
    Untuk tempat tinggal ada beberapa pillihan seperti, apartemen dengan grade yang berbeda-beda, rumah susun, asrama kampus dengan grade yang berbeda-beda pula. Untuk rumah susun biasa dengan keadaan yang tidak begitu mewah (tapi layak tinggal), biaya yang perlu dibayar hanya sekitar 4000-6000 TWD (tergantung keadaan rumah), apartemen mulai dari 4000-5500 dan  asrama mulai dari 2000 hingga 6000 TWD. Seperti yang Saya sebutkan sebelumnya, setiap tempat tinggal memepunyai grade yang berbeda-beda, karena Saya tinggal di asrama kampus selama ini, jadi infromasi yang paling Saya ketahui adalah biaya tinggal di asrama. Di NCKU terdapat beberapa asrama, diantaranya Sheng Li, Cing Yeh, Kuang Fu dan Prince. Saya pernah tinggal di Ching Yeh III dimana satu kamar terdiri dari 2 orang, biaya yang harus saya bayar adalah 4500 TWD/orang, fasilitas yang tersedia pun sangat cukup, di setiap kamar ada lemari, meja belajar lengkap dengan lampu, ranjang, kamar mandi dan toilet hingga kulkas serta wifi, dan lebih enaknya lagi biaya listrik hanya dikenakan untuk AC, jadi jika kamu tidak menggunakan AC selama tinggal di situ maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk listrik. Selanjutnya Saya juga pernah tinggal di Prince Dorm, ini dikenal sebagai asrama termahal dan termewah di NCKU campus. Harga satu bulan tinggal untuk kamar dengan dua orang adalah 8000 TWD, jadi setiap orang harus membayar 4000 TWD per bulan dimana uang listrik terpisah. Berbeda dengan Ching Yeh, biaya listrik di Prince Dorm dikenakan untuk semua benda tanpa terkecuali, termasuk lampu. Namun, Prince dorm mempunyai kamar yang lebih luas dan juga menawarkan kamar single atau khusus untuk satu orang dengan harga 6000 per bulan. Umumnya, student yang tinggal di Prince Dorm adalah International Student, namun ada juga beberapa mahasiswa lokal (Taiwan), yaitu mahasiswa master dan Ph.D.

2. Makanan
    Biaya makan di sekitar NCKU lumayan terjangkau, ada makan siang jenis vegetarian dengan makanan utama nasi dan 6 lauk vege hanya seharga 55 TWD. Selain itu di kota ini harga buah cukup murah, hanya dengan 35 TWD kita sudah bisa mendapatkan sau box kecil buah dengan berbagai macam jenis. Untuk harga makanan, sekali makan sekitar 45-70 TWD untuk jenis makanan standar. Namun ada juga makanan yang mahal hingga mencapai 200 TWD.

3. Laundry
    Biasanya setiap gedung tempat tinggal, baik rumah, apartemen dan asrama menyediakan mesin cuci beserta pengeringnya, dan biaya yang diperlukan untuk sekali cuci dan pengeringan adalah 10-30 TWD.

4. Transportasi
     Selama berada di Tainan, Saya menggunakan sepeda sebagai transportasi ke laboratorium kampus. Namun jika bepergian ke luar kota atau sekadar ke distrik lainnya, Saya menggunakan kereta api dan bus, biaya yang dieperlukan pun tergantung jarak tempuhnya, mulai dari 18 TWD jika menggunakan bus dan 22 TWD menggunakan kereta api listrik biasa, namun jika menggunakan kereta api cepat tentu biayanya akan lebih mahal. Untuk transportasi akan lebih mudah jika menggunakan easy card atau yang lebih dikenal sebagai yoyo card jika di Taiwan. Kartu ini akan membuat segala jenis pembayaran menjadi lebih mudah singkat, hanya perlu melakukan scanning di bagian sensor yang telah ditentukan. Selain itu, kartu ini tidak hanya bisa digunakan untuk pembayaran transportasi saja, tapi juga pembelian lainnya, seperti pembelian barang di Seven Eleven, RT Mart, dan supermarket lainnya.


Berdasarkan pengalaman Saya, sekitar 9,000 hingga 10,000 TWD per bulan Saya perlukan untuk biaya makan, tepat tinggal dan semua keperluan lainnya.

Nah, itu dia hal-hal utama yang Saya pikir perlu kawan-kawan ketahui mengenai biaya hidup di Tainan, Taiwan. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan komen di bawah. Terimakasih sudah membaca.

Komentar

  1. Kepada Mbak/Mas,

    bolehkah saya meminta kontak nya agar saya dapat bertanya lebih detail mengenai dormitory dll. Terima kasih, email saya adalah luhur.pandu@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu, jika masih perlu silahkan hubungi saya melalui email quratulainifisika@gmail.com. Terimakasih.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The First Time Study Abroad : National Cheng Kung University,Tainan, Taiwan

Salam semua, Kali ini Saya akan berbagi cerita singkat mengenai pengalaman Saya belajar di luar negeri untuk pertama kalinya. Sebenarnya, ini tidak hanya menjadi pengalaman belajar di luar negeri pertama bagi Saya, tapi juga menjadi kali pertamanya Saya jauh dari rumah, karna sebelumnya Saya menempuh pendidikan di tanah kelahiran Saya, Aceh. Kota Tainan, Taiwan Letak kota Tainan Selama 6 bulan Saya akan berada di Taiwan, tepatnya kota Tainan untuk program singkat yang dibiayai oleh TEEP @Asia Plus Scholarship. Saya tidak sendiri tentunya, ada 2 orang teman Saya lainnya yang juga mengikuti program yang sama dengan Saya, tapi Saya satu-satunya perempuan dari Indonesia dalam program ini. Program ini tidak memberikan status student bagi Saya, karna ini merupakan program magang, dimana Saya akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang ada di tempat Saya magang nantinya (TKW elitt.. lah ya). National Cheng Kung University, Medical College Program internship ini dilak

Travelling in Taiwan: 12 Hours in Taichung

12 September 2018 Perjalanan kali ini berbeda, selain karena Saya pergi bersama dengan seluruh peserta internship, tapi juga karena ini pertama kalinya Saya bepergian menggunakan kereta cepat, biasanya hanya menggunakan bus atau kereta listrik biasa, harap maklum itu adalah bentuk penghematan (hihi). Lalu bagaimana sekarang? apa ke Taichung Saya tidak hemat? tentu saja sangat hemat, karena Saya dan seluruh labmates Saya pada hari itu dibiayai oleh Professor (YEAYY). Saya bersama dengan labmates Saya melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan yang cukup besar di Taichung yaitu BIONIME, salah satu produk unggulan mereka adalah glucose meter portable . Dalam kesempatan ini kami mendapatkan banyak ilmu pengetahuan secara langsung bagaimana proses fabrikasi alat tersebut dilakukan. Sungguh pengalaman yang mengesankan. Meskipun telah menggunakan teknologi robot dalam fabrikasinya, tenaga manusia masih tetap dipertahankan, mereka membutuhkannya untuk memastikan bahwa produk mereka tidak m